Uncategorized

Cara Menghapus Cache di iPhone, iPad, atau iPod Touch

Meskipun kapasitas penyimpanan perangkat iOS telah meningkat dari waktu ke waktu, dalam banyak kasus masih dapat gagal dan oleh karena itu memiliki sumber daya untuk mengosongkan ruang dapat menjadi penting. Salah satu sumber daya ini dapat berupa hapus cache di iPhone, iPad, atau iPod Touchsebuah proses yang sama sekali tidak intuitif, tetapi memungkinkan untuk memulihkan hingga beberapa GB ruang penyimpanan pada perangkat dengan sistem operasi yang disebutkan di atas.

Langkah-langkah yang harus diikuti tidak sepenuhnya sederhana, karena Apple tidak menawarkan opsi khusus apa pun yang menghapus semua cache atau file sementara di iOS, tetapi dimungkinkan untuk melakukannya, setidaknya sebagian, dan pada baris berikut saya ingin melakukannya jelaskan bagaimana Anda bisa mendapatkannya.

Hapus cache di iPhone dan iPad

Apa itu cache?

Tetapi sebelum masuk ke topik, saya pikir penting untuk membuat pengenalan singkat tentang apa itu cache dan alasan mengapa kita dapat melakukannya tanpa cache, meskipun faktanya cache dapat berguna pada beberapa kesempatan.

Pada dasarnya, cache adalah serangkaian data yang disimpan oleh beberapa aplikasi dan iOS sendiri di sistem penyimpanan agar dapat diakses lebih cepat nanti. Misalnya, dalam kasus Safari dan peramban lain, mungkin ada file tertentu dari situs web yang Anda kunjungi sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya lagi saat Anda mengaksesnya lagi.

Masalahnya adalah file-file ini disimpan dalam sistem penyimpanan tanpa batas dan dapat menjadi usang atau Anda tidak perlu mengaksesnya lagi secara langsung (misalnya, file halaman web yang hanya Anda kunjungi sekali dan tidak pernah kembali) .

Dalam kasus situs web yang Anda kunjungi secara teratur atau dalam kasus seperti aplikasi perpesanan, mereka dapat berguna untuk meningkatkan kecepatan pemuatan situs web itu sendiri atau percakapan. Tetapi seperti yang dapat Anda bayangkan, ini tidak selalu diperlukan, melainkan selalu disimpan dan tergantung pada penggunaan perangkat Anda dapat menempati hingga beberapa GB dari total ruang dengan file yang benar-benar sampah, mereka tidak berguna.

Hapus cache di iPhone, iPad, dan iPod Touch

Pada titik ini Anda pasti ingin tahu sekaligus cara menghapus file cache di iPhoneiPad dan iPod Touch dan mulailah mendapatkan kembali ruang penyimpanan untuk hal-hal lain yang lebih berguna seperti menyimpan foto, menginstal aplikasi baru, dll, dll…

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Apple tidak menawarkan opsi apa pun dalam menunya yang memungkinkan Anda untuk menghapus semua cache yang tersimpan di perangkat sekaligus, jadi kita harus pergi ke poin yang berbeda untuk mencapainya, ini adalah:

Bersihkan cache Safari dan browser lainnya

Tentunya Safari, atau web browser yang Anda gunakan, akan menjadi salah satu aplikasi yang menyimpan file sampah paling banyak. Untuk alasan ini, biasanya merupakan pilihan yang baik untuk memulai di sini saat membuat pembersihan cache.

Untuk menghapus cache Safari, Anda harus melakukan hal berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan dan buka bagian Safari.
  2. Gulir ke bagian bawah halaman dan pilih opsi Lanjutan.
  3. Sekarang pilih menu Data situs web dan tunggu perangkat memuat informasi. Di dalamnya Anda akan melihat jumlah ruang yang ditempati oleh masing-masing situs web tempat informasi disimpan.
  4. Terakhir, ketuk Hapus semua data dan konfirmasi penghapusan pada tombol Hapus sekarang yang akan muncul di menu tarik-turun.

Hapus cache Safari di iPhone

Dengan demikian Anda hanya akan menghapus file cache yang tersimpan di perangkattetapi Anda tidak akan kehilangan riwayat penjelajahan, dan Safari akan terus melengkapi alamat situs web yang paling sering Anda akses secara otomatis.

Ada cara yang sedikit lebih cepat untuk melakukannya dan dengan langkah yang lebih sedikit, tetapi selain menghapus file sementara, juga menghapus riwayat. Jika tidak keberatan, Anda dapat melakukannya dari Pengaturan – Safari – Hapus riwayat dan data situs web.

Google Chrome

Google Chrome adalah browser web kedua yang paling banyak digunakan di iPhone, iPad, dan iPod Touch. Jika ini kasus Anda dan Anda perlu menghapus file sementara untuk memulihkan ruang penyimpanan, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Chrome dan akses Pengaturan dari ikon dengan tiga titik di sudut kanan bawah.
  2. Ketuk opsi Privasi dan sekali di dalam pilih Hapus data penelusuran.
  3. Di bagian Waktu, pilih Sejak selalu dan tekan kembali di sudut kiri atas layar.
  4. Sekarang pilih data yang ingin Anda hapus. Biasanya memilih file dan gambar yang di-cache sudah cukup, tetapi jika mau, Anda juga dapat memilih Cookie dan data situs, riwayat penelusuran, dll, dll…
  5. Setelah Anda memilih semua opsi yang Anda inginkan, ketuk Hapus data penelusuran dan konfirmasi lagi dengan mengetuk tombol Hapus data penelusuran di menu tarik-turun untuk menyelesaikan operasi.

Hapus cache di Chrome untuk iPhone

Peramban lain

Proses membersihkan cache di sebagian besar browser sangat mirip dengan yang dijelaskan dalam kasus Google Chrome. Pada dasarnya Anda harus mengakses pengaturan aplikasi dan mencari file sementara, cache atau bagian navigasi dan memintanya untuk menghapus data yang tersimpan di perangkat.

Setelah file-file sementara ini dihapus, Anda mungkin telah berhasil mengosongkan banyak ruang penyimpanan di perangkat Anda. Tentu saja, jumlah ini akan tergantung pada berapa lama Anda menggunakan browser dan juga pada jumlah halaman web yang biasanya Anda kunjungi.

Hapus cache aplikasi pihak ketiga

Seperti yang saya katakan, browser web adalah salah satu aplikasi yang menyimpan file sementara dalam jumlah terbesar, tetapi itu bukan satu-satunya. Sebagian besar aplikasi diinstal pada perangkat iOS juga menggunakan cache dan dalam kasus ini, proses untuk menghilangkannya rumit, karena ada beberapa aplikasi yang memiliki tombol khusus untuk membersihkan file sementara.

Ada beberapa, misalnya, Telegram, yang memiliki opsi untuk menghapus cache (dalam kasus Telegram ada di Pengaturan – Data dan Penyimpanan – Penggunaan Penyimpanan – Hapus Cache Telegram), tetapi sebagian besar aplikasi tidak memiliki opsi ini. .

Hapus cache Telegram di iPad

Dalam kasus aplikasi lain yang tidak memiliki opsi ini dan yang dapat menghabiskan banyak ruang karena file cache (misalnya, aplikasi jejaring sosial seperti Facebook atau Instagram), prosesnya berjalan melalui hapus aplikasi sepenuhnya lalu instal lagi. Tetapi berhati-hatilah, tidak berguna untuk mencopotnya dari layar utama ponsel, karena dalam hal ini file-file sementara disimpan, perlu dilakukan dengan cara ini:

  1. Buka aplikasi Pengaturan dan buka bagian Umum.
  2. Ketuk Penyimpanan iPhone dan tunggu hingga memuat informasi aplikasi yang diinstal.
  3. Saat mengakses salah satu aplikasi yang diinstal, iPhone atau iPad akan menunjukkan ruang yang ditempati oleh aplikasi itu sendiri dan juga ruang yang ditempati oleh Dokumen dan data. Pada titik terakhir inilah Anda dapat melihat mana yang menempati cache paling banyak. Jika aplikasi tempat Anda tidak menyimpan jenis file apa pun memakan banyak, kemungkinan besar file sementara yang dapat Anda hapus dengan aman.
  4. Setelah Anda menemukan salah satu aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya, yang harus Anda lakukan adalah menyentuh Hapus aplikasi dan kemudian mengonfirmasi penghapusan dari menu tarik-turun yang muncul.

Hapus cache di iOS

Melakukan ini akan menghapus aplikasi dari perangkat dan dengan itu semua kemungkinan file sementara yang tersimpan di dalamnya. Anda akan dapat mengosongkan banyak ruang penyimpanan dan jika Anda masih memerlukan salah satu aplikasi, yang harus Anda lakukan adalah menginstalnya kembali dari App Store.

Di TodoAppleBlog | Cara menghapus cache di Mac

Apakah Anda sudah tahu saluran Telegram kami? Bergabunglah dengan mengklik di sini dan terima konten TodoAppleBlog langsung di ponsel Anda.