Uncategorized

Cara mengetahui aplikasi data apa yang dikumpulkan di iPhone dan iPad

Apple selalu sangat menyadari privasi pengguna yang menggunakan perangkat mereka. Contoh terbaiknya adalah aplikasi atau layanannya tidak mengumpulkan data pribadi dan banyak tugas yang dijalankan oleh layanan serupa lainnya di cloud, perangkat Apple melakukannya secara lokal (misalnya, menjalankan perintah atau fungsi Siri seperti identifikasi wajah Foto) untuk menghindari pengiriman informasi sensitif melalui Internet meskipun faktanya ini dapat membuat layanan lebih rumit untuk dipelihara dan berita datang jauh lebih lambat.

Beberapa minggu yang lalu perusahaan melangkah lebih jauh dan di App Store menunjukkan a daftar dengan semua data pengguna yang dikumpulkan oleh aplikasi tersedia melalui toko. Secara khusus, Apple menunjukkan tiga grup di mana ia mengkatalogkan semua data yang mungkin dikumpulkan oleh aplikasi:

  • Data yang digunakan untuk melacak Anda.
  • Data yang terhubung dengan Anda.
  • Data tidak terkait dengan Anda.

Lihat data apa yang dikumpulkan oleh aplikasi iPhone

Lihat informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi iOS

Jika Anda ingin menyadari jenis data apa yang dikumpulkan oleh masing-masing aplikasi yang telah Anda instal di iPhone, iPad, atau iPod Touch sekarang Anda memilikinya lebih mudah dari sebelumnya.

Seperti yang saya katakan, aplikasi menunjukkan informasi ini di file setiap aplikasi dan untuk melihatnya Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka App Store di iPhone, iPad, atau iPod Touch.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda ketahui data apa yang disimpannya atau, lebih tepatnya, kumpulkan.
  3. Setelah berada di dalam file aplikasi, gulir ke bawah ke bagian Privasi aplikasi.
  4. Anda akan melihat bahwa tiga kotak muncul diidentifikasi dengan kategori yang tercantum di atas. Untuk melihat jenis data yang dikumpulkannya di setiap bagian ini, Anda hanya perlu menyentuh salah satu kotak ini.

Saat melakukan yang terakhir, jendela baru akan terbuka dan di dalamnya Anda akan dapat meninjau jenis data yang dikumpulkan aplikasi; dalam beberapa kasus tidak mungkin untuk berhubungan dengan pengguna atau perangkat iOS dan dalam kasus lain yang memungkinkan pengguna untuk diidentifikasi dan melacak penggunaan aplikasi tertentu.

Periksa privasi aplikasi di iOS

Penting untuk disebutkan bahwa faktanya bahwa aplikasi mengumpulkan data penggunaan bukanlah hal yang buruk itu sendiri. Penting untuk membaca dan memahami kebijakan privasi untuk mengetahui dengan tepat bagaimana pengembang akan menggunakan data ini. Pada banyak kesempatan mereka hanya dikumpulkan untuk tujuan statistik atau untuk mendeteksi masalah dengan aplikasi, meskipun benar bahwa dalam kasus lain data dapat digunakan untuk menawarkan iklan tersegmentasi untuk minat Anda atau bahkan untuk menjual data tersebut langsung ke perusahaan pihak ketiga dan itu dapat berdampak pada semua jenis iklan.

Apa pendapat Anda bahwa Apple memperhitungkan privasi pengguna di atas fungsionalitas? Menurut Anda, apakah penting bagi perusahaan untuk terus menganggapnya penting atau, sebaliknya, menurut Anda akan lebih bermanfaat jika mengumpulkan lebih banyak data untuk menawarkan layanan yang lebih dipersonalisasi?

Apakah Anda sudah tahu saluran Telegram kami? Bergabunglah dengan mengklik di sini dan terima konten TodoAppleBlog langsung di ponsel Anda.

You might also like